Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
MOHON MAAF KEPADA SEMUA PENGUNJUNG BLOG INI BELUM SEMPURNA, KARENA MASIH DALAM TAHAP PENGERJAAN, BARU DIBUAT MEI 2011 OLEH STAF MEDIA CENTER BAGIAN HUMAS SETDA TANJUNG JABUNG BARAT

Jumat, 23 September 2011

PESERTA KB DI TANJAB BARAT LEBIHI TARGET

Kondisi kependudukan saat ini baik dalam jumlah, kualitas maupun persebarannya merupakan tantangan yang sangat berat bagi pemerintah dan memerlukan perhatian dan penanganan serius dan berkelanjutan. Salah satu upaya yang perlu terus dilakukan oleh pemerintah bersama – sama masyarakat adalah pengendalian jumlah penduduk yang dilaksanakan melalui Program Keluarga Berencana.

Keluarga Berencana selain berupaya dalam pengendalian jumlah penduduk, juga berupaya untuk membina kehidupan berkeluarga yang berbahagia dan sejahtera. Untuk mewujudkan program KB dimaksud, peranan tokoh agama, tokoh masyarakat dan para kader sebagai penggerak masyarakat untuk menjadi peserta KB, sungguh sangat besar, karena disamping berperan sebagai penggerak masyarakat dilingkungannya, juga berperan dalam menunjukkan sikap keteladanan untuk menjadi peserta KB yang aktif dan mandiri.

Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat sendiri, target angka pencapaian peserta Keluarga Berencana pada tahun lalu melebihi target melampaui 100 persen dibanding target sebelumnya yaitu 132,05 persen. Hal ini merupakan salah satu keberhasilan Pemerintah Tanjung Jabung Barat dalam upaya mengatasi ancaman ledakan penduduk melalui Program KB.

Kepala Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Tanjung Jabung Barat, Drs Mukri melalui Kepala Bidang Keluarga Berencana Agoes Mamun mengatakan, program KB di wilayah Tanjung Jabung Barat telah ikut berpartisipasi aktif dalam menekan angka ledakan penduduk, sehingga seperti tahun-tahun lalu kegiatan program KB terus dilancarkan guna menghadapi ancaman ledakan penduduk. Melalui program KB diharapkan terjadi pertumbuhan penduduk yang seimbang tidak melampaui pertumbuhan ekonomi yang rendah.

“Secara teoritis diharapkan angka perkembangan pertumbuhan penduduk berbanding 2 persen, sementara angka pertumbuhan ekonomi melampaui angka pertumbuhan penduduk dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 4 persen, sehingga daya dukung alam tidak kian menyempit dengan kondisi pertumbuhan penduduk atau angka kelahiran yang tidak terkendali” ungkapnya.

 “Tahun ini target pencapaian angka peserta KB diharapkan makin meningkat atau melebihi target yang diharapkan, tetapi untuk kegiatan lain termasuk upaya peningkatan kesehatan reproduksi remaja, pembinaan keluarga melalui BKB, BKR dan BKl perlu ditingkatkan lagi yang berujung terhadap kesejahteraan keluarga kecil yang bahagia,”ujarnya.

Dalam upaya mendukung program pemerintah guna menekan angka kelahiran, Agus menyebutkan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus giat mengkampanyekan keluarga kecil yang bahagia dengan dua anak melalui penyebaran informasi dengan memanfaatkan media elektronik maupun cetak dan pendekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat. “Karena masalah kependudukan adalah persoalan nasional yang harus disikapi dengan pemberdayaan program yang dirancang guna mengatasi ancaman ledakan penduduk, termasuk di Kabupaten Tanjung Jabung Barat”, jelasnya. (EF)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design