Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
MOHON MAAF KEPADA SEMUA PENGUNJUNG BLOG INI BELUM SEMPURNA, KARENA MASIH DALAM TAHAP PENGERJAAN, BARU DIBUAT MEI 2011 OLEH STAF MEDIA CENTER BAGIAN HUMAS SETDA TANJUNG JABUNG BARAT

Minggu, 08 Mei 2011

Gertak Paduka Sebagai Sarana Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Menko Kesra Agung Laksono didampingi Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar dan Bupati Tanjung Jabung Barat Usman Ermulan saat menyebarkan benih padi pada acara Program Gerakan Tanam Serantak Padi Dua Kali (Gertak Paduka) dan Gertak Birahi di Kec. Senyerang kab. Tanjung Jabung Barat Prov. Jambi
Untuk mensuksesskan program Gerakan Tanam Padi Serentak Dua Kali Setahun (Gertak Paduka), pemerintah telah mempersiapkan berbagai sarana dan prasana untuk menunjang program tersebut. Salah satunya dengan mempersiapkan lahan pertanian baru. Salah satu daerah yang sedang mempersiapkan lahan pertanian seluas 175 hektar adalah Desa Kelagian Kecamatan Tebing Tinggi.


Kepala Desa Kelagian, Faidillah mengatakan di Desa Kelagian sedang dipersiapkan untuk membuka lahan pertanian baru seluas 175 hektar. Menurutnya, Kelagian memang daerah yang cocok untuk areal pertanian karena berada di pinggir sungai Pangabuan. “Ya, memang kita sedang mempersiapkan lahan pertanian baru itu,” ujar Faidillah kemarin.

Dikatakannya, program yang sedang digalakkannya adalah program ekonomi kerakyatan, yang salah satunya dengan membuka lahan pertanian baru tersebut. Dengan program ini, diharapkan kehidupan ekonomi masyarakat Kelagian akan lebih baik. “Kita berharap program ini bisa membantu masyarakat dari segi ekonomi,” harapnya.

Terpisah, Camat Tebing Tinggi ketika dikonfirmasi membenarkan adanya program pembuatan sawah baru seluas 175 hektar di Kecamatan Tebing Tinggi. Dikatakannya, program ini akan dilaksanakan pada tahun 2011 ini. “Ya, memang ada program di 2011 ini pembuatan lahan pertanian baru seluas 175 hektar,” ujar Camat Tebing Tinggi, Anwar, S.IP saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Program pembuatan sawah baru ini menurutnya, erat kaitannya dengan program yang sedang dicanangkan Bupati yakni gerakan tanam padi serentak dua kali setahun (Gertak Paduka). Program ini dalam setiap kesempatan selalu disampaikan Bupati agar bisa berjalan tentu harus didukung oleh semua pihak, termasuk Kecamatan yang notabene daerah yang masih memiliki areal pertanian yang luas. 

Berdasarkan Informasi setelah program Gertak paduka dan Gertak birahi diluncurkan Menkokesra, sekarang muncul Program Gardu Kencana (Gerakaan Terpadu Keluarga Berencana) yang dicanangkan BKBPMP (Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan). Program ini bertujuan untuk menekan angka pertumbuhan penduduk. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design