Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
MOHON MAAF KEPADA SEMUA PENGUNJUNG BLOG INI BELUM SEMPURNA, KARENA MASIH DALAM TAHAP PENGERJAAN, BARU DIBUAT MEI 2011 OLEH STAF MEDIA CENTER BAGIAN HUMAS SETDA TANJUNG JABUNG BARAT

Jumat, 23 September 2011

BUPATI LANTIK PEJABAT STRUKTURAL DI LINGKUNGAN PEMKAB TANJABBAR

Pada hari Kamis tanggal 3 Maret 2011, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. Usman Ermulan MM melantik kurang lebih 60 pejabat struktural eselon II, III dan IV di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.  Eselon II terdiri atas 4 orang, antara lain Drs H Hendrifal sebagai Asisten II Setda Tanjab Barat, Drs Hamzah sebagai Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLHD), Drs Mukri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Andi Andika, SH sebagai Kepala Kesbanglinmas. Selebihnya didominasi oleh pejabat eselon III dan IV.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dilaksanakan ini dimaksudkan untuk melakukan promosi, rotasi dan demosi bagi pejabat struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Tujuannya adalah untuk mengisi formasi jabatan yang kosong karena pejabat yang lama telah/akan purna tugas, bentuk pembinaan aparatur dan pengembangan karier serta sebagai upaya untuk melakukan penyegaran terhadap jajaran pejabat struktural yang ada. Dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Promosi, rotasi dan demosi di lingkungan birokrasi pemerintahan adalah merupakan hal yang sangat biasa dan sangat kumrah dilakukan. Promosi diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat atas prestasi kerja dan kinerja yang telah diberikan selama ini. Rotasi dilakukan guna memberikan suasana dan tantangan baru, sedangkan demosi dilakukan sebagai bentuk pembinaan aparatur untuk menjadi lebih profesional dalam bertugas.

Bupati menjelaskan, pemberlakuan Undang – Undang nomor 32 tahun 2004 menuntut pemerintahan di daerah untuk mampu menata managemen sistem penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Daerah dituntut untuk mampu menciptakan sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah yang efektif dan efisien berbasis social services sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan yang merata pada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Tantangan terberat dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah saat ini adalah bagaimana merumuskan aturan role play  dalam bentuk peraturan daerah atau aturan yang lain yang tidak bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi, tidak multi tafsir dan memihak kepada kepentingan masyarakat, bagaimana menata lembaga dan kelembagaan yang ada di daerah saat ini sehingga sejalan dengan undang – undang nomor 32 tahun 2004 dan peraturan pemerintah nomor 41 tahun 2007, serta bagaimana meningkatkan motivasi, kapabilitas, dedikasi dan integritas aparatur penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Sehingga manajemen penyelenggaraan pemerintahan di daerah khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Melalui kesempatan ini Bupati Usman Ermulan mengajak kepada seluruh jajaran aparatur pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dilantik pada hari itu untuk secara bersama – sama dan saling bahu – membahu menghadapi tantangan kedepan dan bersatu padu untuk mewujudkan visi dan misi Pemkab. Tanjung Jabung Barat, sesuai dengan tugas dan fungsi masing – masing.  Serta menciptakan kebersamaan serta menjaga situasi dan kondisi yang kondusif di Kab. Tanjung Jabung Barat.

Bupati juga mengingatkan bahwa jabatan yang diberikan bukanlah sebuah hadiah tetapi sebuah amanah yang harus diemban dengan sepenuh hati. Amanah yang diberikan bukan hanya sekedar kepercayaan tetapi harus dimaknai juga sebagai ibadah dan sebuah tanggung jawab besar dalan menciptakan “good governance” sebagai penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dengan mengedepankan kultur pelayanan (pamong praja) kepada masyarakat dan menghindari sikap minta dilayani (pangreh praja) dari masyarakat khususnya masyarakat Kab. Tanjung Jabung Barat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga berpesan kepada seluruh jajaran aparatur pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat agar 1) Dalam melaksanakan pekerjaan sehari – hari selalu berpegang teguh dengan ajaran agama dan peraturan perundang – undangan yang berlaku, 2) Mengedepankan kepentingan daerah ini daerah ini diatas kepentingan pribadi atau golongan, 3) Menjalin kerjasama dan koordinasi baik secara vertikal maupun secara horizontal serta menghilangkan ego sektoral sehingga dalam melaksanakan tugas sehari – hari dapat dilaksanakan secara integral, paripurna dan komprehensip, 4) Selalu meningkatkan kinerja, loyalitas, kemampuan serta etos kerja sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat tercapai dengan lebih optimal dan maksimal, 5) Menciptakan kompetisi yang sehat dilingkungan kerja, menjaga kondusifitas unit kerja, menghasilkan karya dan prakarsa, yang dapat dipertanggungjawabkan, 6) Berperilaku profesional, fokus pada tugas pokok dan fungsi yang diemban, tidak menginterfensi tugas pokok dan fungsi kolegan dengan pernyataan – pernyataan yang tidak berdasar atau tidak dapat dipertanggung jawabkan. (EF)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design